50 KALI DIBACA

Danrem 032/Wbr Berikan Tropi Utama kepada Juara Pacu Kuda

Danrem 032/Wbr Berikan Tropi Utama kepada Juara Pacu Kuda

Infomedan.net~ Penrem 032.HUT TNI ke-74 di Kabupaten Tanah Datar dimeriahkan dengan kegiatan alek anak nagari pacu kuda tradisonal bertajuk “Wirabraja Pacu Kuda Open Race Tradisional 2019” yang berlangsung di Gelanggang Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar Nagari Saroaso Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, pada hari Minggu tanggal (06/10).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Tanah Datar Drs H. Irdinansyah Tarmizi dihadiri oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dan istri beserta rombongan yang disambut oleh Dandim 0307/TD Letkol inf Edi S Harahap beserta dengan forkopimda Tanah Datar.

Ketua Pelaksana Dandim 0307/Tanah Datar Letkol. Inf. Edy S. Harahap menyebutkan pacu kuda yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 s/d 7 September 2019 itu juga dalam rangka HUT TNI ke-74 dan diikuti sebanyak 43 ekor kuda, 3 diantaranya berasal dari provinsi tetangga seperti Sumatra Utara 1 ekor, Riau 1 ekor dan Jambi 1 ekor, selebihnya diikuti kuda-kuda dari berbagai kabupaten kota di Sumatera Barat.

Pacu kuda ini merupakan kegiatan alek anak nigari yang perlu terus dilestarikan, disamping sebagai kegiatan alek anak nagari, pacu kuda ini juga sebagai atraksi budaya yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu dan turun temurun.

“Alek Nagari Pacuan Kuda Tradisional ini harus dilestarikan dan dikembangkan untuk meningkatkan wisatawan di Kabupaten Tanah Datar” ucap Dandim Tanah Datar Letkol Inf Edi S. Harahap.

Hari pertama akan memperlombakan 10 kelas diantaranya, Kelas E terbuka 1200 M, Kelas CD Remaja 1200 M, Kelas AB terbuka 1200 M, Kelas C Terbuka 1200 M, Kelas AB 3 th Derby Sumbar 1400 M, Kelas Calon Derby 3 tahun 1200 M, Kelas Lokal/Sagalo 600 M, Kelas Draf Bugih Baru 2400 M dan Kelas Draf Bugih Lama 3200 M.

Pada kesempatan itu juga Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P sebelum meninggalkan Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak berkenan menyerahkan Tropi Utama pada Race terakhir yaitu Race ke 9 yang dimenangkan kuda AL – FATIH dari Padang Panjang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P beserta ibu Mia Kunto Arif Wibowo, Para kasi Korem 032/Wbr, Bupati Tanah Datar Drs H. Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati tanah datar H. Zuldafri Darma, Dandim 0307/TD Letkol inf Edi S Harahap SPd. M.I Pol, Kapolres tanah datar AKBP Rohmat Hari Purnomo S.I.K, Kajari tanah datar Hardijono Sidayat SH.MH, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar dan para tamu undangan lainnya.

(Sumber : Penrem 032/Wbr & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below