68 KALI DIBACA

Pameran Kendaraan Tempur TNI di Situbondo ‘Diserbu’ Warga

Pameran Kendaraan Tempur TNI di Situbondo ‘Diserbu’ Warga

Situbondo – Pameran kendaraan tempur (Ranpur) milik TNI di Situbondo ‘diserbu’ warga. Hingga menjelang berakhirnya pameran, Sabtu (14/9/2019) sore, warga terus berdatangan ke lokasi pameran Ranpur di Jalan A Yani Situbondo. Tak sekadar melihat-lihat saja, sebagian warga juga memanfaatkan kesempatan untuk berswafoto dan menaiki Ranpur.

Pengamatan detikcom menyebutkan, pameran Ranpur yang dipusatkan di Jalan A Yani, tepat di utara Alun-Alun Situbondo, terus dipadati warga. Mereka tak hanya berdatangan dari kawasan Situbondo saja. Ada juga warga Kabupaten tetangga seperti Bondowoso, yang ikut hadir menikmati pameran Ranpur yang berlangsung satu hari tersebut.

Sebagian warga sengaja mengajak anak-anak mereka untuk menyaksikan pameran kendaraan lapis baja tersebut. Di lokasi pameran, banyak anak-anak yang meminta naik ke atas Ranpur. Para kru Ranpur TNI ini pun dengan ramah mempersilahkan mereka naik. Namun ada juga yang merengek karena takut naik, meski terus dibujuk orang tuanya.

“Ayo naik sebentar saja, nanti mau difoto sama ayah. Embahmu dulu tentara, kok kamu takut naik tank,” ujar Faisol, seorang bapak yang terus membujuk anaknya agar mau naik ke atas tank Leopard 2-A4 milik TNI AD di lokasi pameran, Sabtu (14/9/2019).

Selain berswafoto dengan Ranpur, sebagian warga juga meminta foto bersama dengan para tentara yang menjadi kru Ranpur. Baik di depan maupun di atas Ranpur. Para personel TNI ini pun dengan senang hati melayani setiap permintaan foto bersama warga tersebut.

“Senang dan bangga sama TNI. Apalagi ada tank-nya begini, prajurit TNI kelihatan semakin gagah dan hebat. Mudah-mudahan anak saya kelak juga jadi tentara,” ujar Didin, seorang ibu asal Kecamatan Panarukan.

Ada beberapa Ranpur milik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang ikut dipamerkan. Baik Ranpur jenis tank, peluncur roket, meriam Caesar 155 mm, kendaraan amphibi, hingga Ranpur Radar MCP. Ranpur ini dijejer di Jalan A Yani, tepat di sisi utara Alun-alun Situbondo. Praktis, selama pameran berlangsung arus kendaraan di jalur setempat dialihkan.

“Rencana (pameran Ranpur, red) hanya sampai sore ini. Nanti semua langsung geser. Jadi tidak mengikuti jadwal pameran yang di dalam Alun-alun. Kalau itu, informasinya sampai Selasa besok,” ujar seorang kru Ranpur TNI AL.

Sebelumnya, usai mengikuti Latihan Gabungan Dharma Yudha 2019, sejumlah kendaraan tempur Korps Marinir TNI AL langsung ikut serta dalam Parade Alutsista TNI di Kota Situbondo. Alutsista TNI ini juga akan mengikuti pameran di Alun-alun Situbondo.

Dan sebelum masuk ke arena pameran, puluhan kendaraan tempur Korps Marinir sengaja melakukan parade dari garis start di Jalan Basuki Rahmat Situbondo. Puluhan kendaraan tempur itu kemudian menyusuri jalanan Kota, hingga tiba di Alun-Alun Situbondo.

Selama parade, masyarakat dibebaskan ikut naik di atas kendaraan tempur. Tak hanya anak-anak saja yang berebut naik. Banyak juga para remaja dan orang dewasa yang penasaran ingin merasakan naik kendaraan lapis baja tersebut.

Selain untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat, pameran alutsista ini juga untuk memperkenalkan peralatan dan kesenjataan yang dimiliki TNI kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengetahui dan semakin bangga dengan kekuatan pertahanan yang dimiliki oleh TNI.(deco)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below