64 KALI DIBACA

Hut Ke- 74,Kasdam I/BB Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi di Medan

Hut Ke- 74,Kasdam I/BB Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi di Medan

Infomedan.net~ Medan.Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Untung Budiharto bersama para Sahli Pangdam I/BB, Asisten Kasdam I/BB, Kabalak serta Danyon BS, turut menghadiri upacara detik-detik Proklamasi pada acara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8/2019).

Upacara dipimpin Gubernur Sumut, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi sebagai Inspektur Upacara (Irup), dengan Komandan Upacara (Danup), Letkol Inf Lizardo Gumay yang juga Danyonif Raider 100/PS, Binjai.

Upacara diawali dengan pembacaan teks Proklamasi yang disampaikan Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman. Kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin Irup, dan pembacaan doa.

Puncak acara detik-detik Proklamasi pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019 di Lapangan Merdeka Medan ini adalah pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Sumatera Utara. Paskibra 2019 Provinsi Sumut ini berjumlah 66 personil, dengan 34 putri, dan 32 putra. Mereka berasal dari seluruh SMA sederajat di seluruh wilayah Provinsi Sumut.

Adapun Komandan Pasukan Paskibra Provinsi Sumut ini dipimpin oleh Letda Kav Agung Risandi Riyanto, ST (Han) yang berasal dari Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Asam Kumbang, Sunggal, Medan.

Sedangkan Komandan Pengibar Bendera adalah Firman DMT Simanjuntak, pelajar asal Simalungun dari SMA Plus Efarina. Pembawa Baki adalah Nur Agita Ramadhani Sinaga, pelajar asal Kota Tebing Tinggi dari SMAN 1 Tebing Tinggi, dan Clara Aulia br Panjaitan, pelajar asal Kabupaten Asahan dari SMAN 2 Kisaran.

Untuk petugas pengibar bendera, masing-masing atas nama Andre Manuella Pasaribu, pejalar asal Kota Pematangsiantar dari SMA Kalam Kudus Pematangsiantar, Robin Laurensius Sitanggang, pelajar asal Kabupaten Tapanuli Tengah dari SMA Plus Matauli Pandan, dan Irman Ardianus Gulo, pelajar asal Nias dari SMAN 3 Mandrehe, Kabupaten Nias Barat.

Usai pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih, acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Bukit Barisan (Tarbuba) yang merupakan tarian yang diinisiasi oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah.

Dalam pelaksanaan tarian ini, terlihat Gubsu bersama seluruh unsur FKPD Provinsi Sumut dan Kota Medan, duta negara-negara sahabat, para tokoh di masyarakat Sumut dan Kota Medan, serta tamu undangan kehormatan lainnya, ikut berjoget memeragakan Tari Bukit Barisan bersama ratusan prajurit TNI dan Polri.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama antara unsur FKPD Sumut dan Kota Medan dengan seluruh anggota Paskibra Provinsi Sumut.

Tampak hadir di acara, antara lain Wakil Gubsu Musa Rajekshah, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul, SAB, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, Danlanud Soewondo Medan Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga serta pejabat Militer dan Polri lainnya.

(Sumber: Pendam I/BB & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below