56 KALI DIBACA

Koramil 03/Pulau Punjung Gelar Bakti Sosial KB Kes-TNI

Koramil 03/Pulau Punjung Gelar Bakti Sosial KB Kes-TNI

Infomedan.net~ Penrem 032.Koramil 03/Pulau Punjung menggelar kegiatan Bakti Sosial KB Kes-TNI bersama UPT Puskesmas Sungai Dareh dan Puskesmas Sialang dengan memberikan pelayanan berupa KB implan, suntik, MOW (Metode Operasi Wanita), cek kesehatan umum dan juga senam bersama . Acara dilaksanakan di halaman kantor Koramil 03/Pulau Punjung, Selasa,(13/9).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, dr.Rahmadian. Dalam sambutannya beliau mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini yang juga sejalan dengan program yang sedang dicanangkan oleh Kab. Dharmasraya.

“ Saat ini Kabupaten Dharmasraya, sedang menggencarkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) dalam upaya memantau persoalan kesehatan masyarakat di daerah. Salah satu langkahnya adalah petugas Puskesmas akan mendatangi tiap rumah warga secara berkala, minimal 1 kali setahun dengan target rumah yang sama “, terang dr. Rahmadian.

Ditambahkannya, saat ini juga sudah disiapkan Gerakan Masyarakat (Germas) Zone yaitu Area untuk hidup sehat yang isi kegiatannya seperti cek tensi darah, melakukan aktivitas seperti senam bersama dan lain lain.

“Kita juga sudah mempersiapkan area Germas Zone yang nanti dilaksanakan pada saat Car Free Day yaitu di area jembatan Sungai Dareh-Pasar lama-Asrama Polisi”, ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Danramil Pulau Punjung, Kapten Caj (K) Tuti Andayani mengatakan kegiatan bhakti sosial KB Kes-TNI ini diselenggarakan bekerjasama dengan UPT Puskesmas Sungai Dareh dan Puskesmas Sialang termasuk beberapa tim medis dalam melakukan pemasangan KB jenis IUD dan MOW kepada masyarakat.

“Tiap tahun kita rutin menggelar bhakti sosial KB Kes-TNI ini dalam meringankan kebutuhan orang yang tidak mampu dan bantuan yang diberikan Koramil ini kiranya dapat meringankan bagi orang yang membutuhkan”, Ujar Kapten Caj (K) Tuti Andayani.

Danramil juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah membantu kegiatan tersebut. “Program KB Kes-TNI merupakan salah satu bentuk kontribusi TNI untuk membantu membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia. Indikator keberhasilan KB bukan diukur dengan jumlah penduduknya tetapi dengan tingkat kesejahteraan dan kesehatan serta sumber daya masyarakatnya,” pungkas Danramil.

Warga tampak terlihat antusias akan adanya kegiatan yang digelar oleh Koramil 03/pulau Punjung ini. Kapten Caj (K) Tuti berharap dalam acara kegiatan ini bantuan yang diberikan Koramil dapat meringankan bagi orang yang membutuhkan.

Pada acara itu hadir juga Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kab.Dharmasraya, Bobby P. Riza , S.STP. M.SI, Camat Pulau Punjung, Lasmita, S.KM,Kepala KUA Pulau Punjung, M Gazali, M.Pd, Kapolsek Pulau Punjung, seluruh Wali Nagari yang ada di Kecamatan Pulau Punjung, , Ibu ibu PPK Nagari se Kecamatan Pulau Punjung serta para tamu undangan lainnya.

(Sumber : Rel & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below