100 KALI DIBACA

Tanamkan Disiplin dan Bentuk Karakter Generasi, Personel Kodim 0201/BS Bekali Wasbang dan Pelatihan PBB Saat MPLS

Tanamkan Disiplin dan Bentuk Karakter Generasi, Personel Kodim 0201/BS Bekali Wasbang dan Pelatihan PBB Saat MPLS

Infomedan.net~ Medan.Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa Indonesia yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Kodim 0201/BS Kodam I/Bukit Barisan tidak ada henti-hentinya untuk terus mensosialisasikan wawasan kebangsaaan (Wasbang) dan bela negara (Belneg) kepada pelajar se-kota Medan.

Kali ini,saat masuk tahun ajaran baru, Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah, memerintah jajaran Koramil untuk memberikan pembekalan Wasbang dan pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) kepada siswa-siswi baru yang baru masuk sekolah saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Dalam. Kegiatan para Babinsa jajaran Kodim 0201/BS ini dilaksanakan sejak Senin 15 Juli-17 -2019 bertempat di SMP, SMA, SMK sederajat di wilayah teritorial Kodim 0201/BS

Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah,melalui Pasiter Kodim 0201/BS Kapten Inf Romi sembiring menerangkan bahwa kegiatan MPLS yang dilaksanakan para Babinsa jajaran meliputi pemberian materi wawasan kebangsaan (Wasbang), Bela Negara,PBB dan tata cara pengibaran Bendera Merah Putih.

“Kegiatan Serbuan Teritorial ini tidak hanya dilakukan saat MPLS siswa-siswi saja, melainkan setiap minggu para Babinsa jajaran tetap melaksanakan di setiap sekolah secara bergantian, “terang Dandim.

Adapun sekolah yang disambangi prajurit Kodim 0201/BS jajaran SMA sederajat yakni SMA YPK Mabar,SMKN 9 Medan,SMK Tritech, SMA Budi Agung, SMA Gelora Jaya, SMAN 10 Medan,SMA Nurani, SMA Harapan Bangsa, SMKN 2 Medan.

Sedangkan untuk SMPN/MTSN adalah Yaysan Tarbiya Islamiyah, Yayasan BAP 1,SMPN 15 Medan, SMPN 1 PST, Yayasan Muhammadiyah 21,MTS Muhammadiyah 1 dan MTS Al Ikhwan, “ungkap Dandim.

Menurutnya, hadirnya prajurit TNI kesekolah-sekolah memberikan Wasbang sekaligus membentuk karakter pelajar, memberikan motivasi rajin belajar ahar kelak berguna bagi Nusa dan Bangsa dan juga mengajak para generasi untuk lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila.

“Hadirnya TNI disetiap sekolah juga mengajak pelajar untuk menjauhi narkoba dan segala tindakan yang bisa merusak karakter pelajar, “ujar Dandim.

Tujuan arti dan makna bela negara (Belneg) diberikan kepada para pelajar adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan (Wasbang(dan bela negara (Belneg) bagi siswa dan siswi yang merupakan generasi muda penerus bangsa. Dengan harapan,kata Dandim para generasi muda itu memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi.

“Pembekalan Wasbang dan Belneg diberikan agar generasi memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat,”sebut Dandim.

Selain itu, pemberian materi bela negara ini adalah untuk menyegarkan dan menguatkan kesadaran dalam membangun cinta Tanah Air, serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.

“Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang memiliki jiwa kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” tegas Dandim 0201/BS

“Esensi dari nilai kebangsaan, nilai persaudaraan, nilai keselarasan, nilai kerakyatan, keadilan, toleransi dan gotong royong itu merupakan aplikasi dari nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara seperti cintai Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, rela berkorban untuk bangsa dan negara,” jelas Dandim.

Dandim mengajak para generasi sebagai pemuda dan penerus bangsa harus menghindari narkoba. “Narkoba harus benar-benar dihindari oleh para pelajar, sebab jika sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba maka seseorang itu akan hancur masa depannya dan tentu yang rugi yakni diri kita sendiri,” pungkasnya.

(Sumber : Dandim 0201 & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below