116 KALI DIBACA

Danramil 16/TM: Melalui Desa Bersinar, Mari Kita Perangi Narkoba

Danramil 16/TM: Melalui Desa Bersinar, Mari Kita Perangi Narkoba

Infomedan.net~ Medan.Program desa bersih narkoba (Bersinar) yang dicanangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama instansi terkait terus digencarkan Komandan Koramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS Mayor Kav Prima Wahyudi SH diwilayah teritorinya. Hal ini dilakukannya sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Dandim 0201/BS Kolonel Inf Yuda Rismansyah guna menyelamatkan anak bangsa dari bahaya narkoba yang kian hari semakin mengkhawatirkan.

Kali ini, Muspika Tanjung Morawa dan masyarakat serta BNN Kabupaten Deliserdang mencanangkan Desa Bersinar, Jum’at (12/07/2019) Kegiatan peduli terhadap masa depan bangsa Indonesia ini digelar di Aula Desa Bandar Labuhan, Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BNNK Deliserdang AKBP H Syafwan Khayat, SH.M. Hum, Camat Tanjung Morawa Edy Yusuf, SIP,M.Si. Danramil 16/TM Mayor Kav Prima Wahyudi SH, Kapolsek Tanjung Morawa AKP Ilham Harahap.SH. MH, mewakili Kasat Narkoba Polres Deliserdang Ipda Pol Jaya, Kades Se-Kecamatan Tanjung Morawa, BPD Desa Bandar Labuhan, Babinsa Koramil 16/TM, Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Morawa, Ibu-Ibu PKK, Ibu-Ibu Perwiritan Kec Tanjung Morawa, Ormas Desa Bandar Labuhan, Tomas, Toga, Toda dan Insan Pers.

Pada kegiatan Pencanangan Desa Bersih Narkoba imbangan di Desa B.Labuhan Kec. T.Morawa Kab. Deli Serdang ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Bagimu Negeri dilanjutkan pengarahan dari kepala BNNK Deli Serdang, Pelantikan Duta Anti Narkoba Desa B.Labuhan sekaligus pemasangan Pin Anti Narkoba dan juga dilaksanakan pemasangan stiker warga peduli Narkoba di rumah penduduk.

Kepala BNNK Deliserdang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum khususnya bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi warga desa Bandar Labuhan serta kepedulian masyarakat khususnya desa B.Labuhan utk berperan aktif berantas Narkoba.

“Narkoba musuh bersama dan kita selaku warga negara Bangsa Indonesia harus peduli dengan bahaya Narkoba, untuk itu hindarilah dan jauhilah Narkoba, “tegas Kepala BNNK.

Sementara, Danramil 16/TM Mayor Kav Prima Wahyudi.SH dalam sambutannya mengatakan bahwa di canangkannya Desa Bersinar di Desa Bandar Labuhan sebagai wujud dan upaya TNI AD dalam membantu Pemda mencegah peredaran narkoba, Desa Bersinar itu, tentu akan sangat bermanfaat untuk menyelematkan generasi muda dari dampak buruk barang haram tersebut.

“Kegiatan semacam ini sangat bagus dan diharapkan dapat menjadi Pilot Project untuk dilaksanakan berkesinambungan, saya perintahkan para jajaran Babinsa setempat untuk rutin melaksanakan penyuluhan bahaya narkoba, “sebut Prima saat pencanangan Desa Bersinar.

Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai wujud kepedulian kita dalam menyelamatkan generasi muda dan bangsa ini dari kehancuran akibat pengaruh dan peredaran narkoba.

Menurut Camat Tanjung Morawa Edy Yusuf, SIP, M.Si, program Desa Bersih Narkoba ini adalah salah satu implementasi nyata yang dapat dilaksanakan secara bersama-sama dengan melibatkan para mantan pengguna narkoba, generasi muda, pelajar dan segenap komponen bangsa lainnya. Namun diharapkan program ini tidak hanya bersifat seremonial belaka, akan tetapi berlanjut dengan program-program yang telah disusun.

“Oleh karenanya perlu konsistensi dan kontribusi nyata semua pihak yang terkait didalamnya. Adakan evaluasi secara periodik guna memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan dan kelemahan yang ada, dan pada akhirnya Desa Bersih Narkoba benar-benar nyata dan wujudnya terlihat,” harap Edy.

Camat juga menyebutkan bahwa musibah narkoba lebih bahaya dari musibah Tsunami dan ledakan bom. Untuk itu, Camat Tanjung Morawa mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi menjaga Desa Bandar Labuhan ini sebagai Desa Bersih Narkoba, sehingga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk menyatakan perang terhadap narkoba. “Mari kita perangi dan tolak narkoba di Bandar Labuhan, “ajak Edy.

“Dalam pemberantasan narkoba, adalah tanggung jawab semua pihak. Tanpa perlu menunggu ada yang mengadu, atau tidak harus petugas berwenang yang menangkap pelakunya dan pengedar narkoba ibarat “maling jemuran” semua bisa nangkap, jangan takut untuk memeranginya, “pungkas Kapolsek Tanjung Morawa AKP Ilham Harahap.SH. MH.

Ilham juga mengakui bahwa dalam upaya pemberantasan narkoba tidaklah mudah, namun pihaknya terus mengupayakan agar setiap desa di wilayah Tanjung Morawa bisa bersih dari narkoba.

Ia juga menjelaskan beberapa contoh subjek pengguna yang menjadi temuan di lapangan. Pengguna narkoba terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama ialah pemula, atau coba pakai yang menjadi temuan terbanyak. Yang kedua ialah reaksional, adalah orang yang sudah mulai pakai sekitar satu minggu sekali. Dan yang ketiga adalah pecandu, yang sudah ketergantungan dengan obatan terlarang tersebut dan inilah yang paling parah bisa melakukan apapun demi mendapatkan narkoba.

Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat menyambut positif dan berharap agar Narkoba di Desa Bandar Labuhan dapat betul betul bersih, masyarakatpun berjanji akan turun langsung dan turut serta berantas narkoba khususnya di Desa Bandar Labuhan.

Kegiatan pencanangan Desa Bersinar merupakan kegiatan yang ke 3 desa. Sebelumnya Koramil 16/TM bersama Muspika Tanjung Morawa juga telah canangkan Desa Bersinar di 2 desa sebelumnya yakni di Desa Punden Rejo dan Desa Dagang Krawan.

(Sumber : Dandim 0201 & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below