110 KALI DIBACA

Pangdam I/BB Melaksanakan Ziarah ke TMP Bukit Barisan Dalam Rangka HUT KODAM I/BB ke 69

Pangdam I/BB Melaksanakan Ziarah ke TMP Bukit Barisan Dalam Rangka  HUT KODAM I/BB ke 69

Infomedan.net~ Medan.Dalam rangka meyambut HUT Ke 69 Kodam I/BB Tahun 2019, Kodam I/BB melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dipimpin Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah di Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (14/6/2019)

Ziarah dimulai tepat pukul 16.00 WIB dan berlangsung cukup khidmat yang diawali dengan penghormatan umum kepada Arwah para Pahlawan, peletakan karangan bunga dan dilanjutkan dengan acara tabur bunga kehormatan di tiap pusara makam para Pahlawan.

Pada kesempatan ziarah, Pangdam I/BB menyampaikan bahwa kegiatan ziarah merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap jasa para Pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Negara Indonesia tercinta dan melalui kegiatan ziarah rombongan dalam menyongsong HUT Ke-68 Kodam I/BB.

Makam pahlawan yang pertama diziarahi adalah makam Brigjen A.Manaf Lubis yang menjabat sebagai Pangdam III/BB periode tahun 1961- 1963 yang meninggal dunia karena sakit pada tanggal 6-8-1996, makam yang kedua adalah makam Lettu Info Anumerta Tri Sutanto ( Danyon II kipan) A yonif 126/ Kala Cakti yang gugur di Timor-Timur pada saat pendaratan di pantai Timor-Timur dalam rangka tugas Operasi Seroja pada tanggal 28/7/1976. Kerangka di pindahkan ke taman makam pahlawan Bukit Barisan pada tahun 1978, makam yang ketiga, Serda Anumerta Menhar Perangin-angin dengan jabatan Danru 3 Ton 3 kompi AYonif 126/ Kala Cakti yang gugur dalam operasi Seroja di Timor-Timur pada tahun 18/9/1976. Kerangka Jenazah dipindahkan ke taman makam pahlawan Bukit Barisan pada tahun 1978 dan makam pahlawan ke empat yang diziarahi adalah makam Serda Anumerta Misno dengan jabatan Danru 1 ton 1Yonif 126/Kala Cakti, gugur di Timor-Timur pada saat pendaratan awal di pantai Timor-Timur dalam rangka operasi Seroja pada tanggal 28/7/1976. Kerangka jenazahnya dipindahkan ke taman makam pahlawan pada tahun 1978 serta makam Letda Sujono ( Bintara Ajudan Kompi markas Brigif Rimba Raya), gugur dalam peristiwa G 30 S.PKI di perkebunan Bandar Betsy saat menjalankan tugas pengamanan pada 15/5/1965 yang dikenal dengan peristiwa Bandar Betsy.

Diharapkan sebagai warga Kodam I/BB mampu meneladani nilai-nilai juang dan jiwa patriot yang telah dicontohkan oleh para Pahlawan kita, sehingga sosok prajurit yang gagah perkasa namun rendah hati benar-benar terpatri dalam jiwa dan raga para Prajurit Kodam I/BB,” ucap Pangdam.

Menghargai jasa para Pahlawan kita yang telah merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia, sejarah telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah mudah, untuk itu marilah kita menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan penuh dedikasi, semangat yang tinggi penuh dengan tanggung jawab dalam berkarya demi negara dan Bangsa Indonesia tercinta.

Hadir pada acara ziarah tersebut Kasdam I/BB, Irdam I/BB, para Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, Para Danyon BS Sewilayah Medan dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta Pengurus Persit KCK PD I/BB.

(Sumber: Pendam I/BB & Infomedan.net)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below