3619 KALI DIBACA

Serda M. Sudarianto Babinsa Koramil 04/Siantar Barat Kompak Pipil Jagung bersama Masyarakat.

Serda M. Sudarianto Babinsa Koramil 04/Siantar Barat Kompak Pipil Jagung bersama Masyarakat.

Infomedan.net~ P.Siantar – Babinsa koramil 04/Siantar Barat Kodim 0207/Simalungun Serda M. Sudarianto melaksanakan upaya khusus pendampingan terhadap petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan khususnya di wilayah binaannya. Jumat, (14//06/2019).

Hal lumrah yang dilakukan, selain harus tanggap dalam mengemban tugas pokok dalam Binter, ternyata Anggota Koramil jajaran Kodim 0207/Simalungun juga piawai memipil jagung bantu warga binaanya.

Bapak Hendra selaku warga mengaku senang dengan keberadaan Babinsa yang sering berkeliling di lahan-lahan para petani dan kerumah rumah para petani jagung , mengingat kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat memberikan motivasi dan kendala yang jadi penghambat dalam bertani dapat dicarikan solusi oleh Pak Babinsa.

Dalam percakapannya, Serda M. Sudarianto menyampaikan bahwa dalam kondisi normal, budidaya tanaman jagung dapat dipanen kurang lebih pada usia sekitar 3 bulan (sekitar 86-96 hari). Pada usia ini nampak terlihat batang dan daun jagung mulai mengering.

“Ini menandakan bahwa jagung di dalam juga sudah mengering dan siap untuk dipanen. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan cara manual atau pemacokan terhadap batang jagung atau dengan memetik jagungnya saja,” ungkap Babinsa.

Pemanenan secara manual memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk memanennya. Setelah jagung dipanen kemudian dijemur kembali sampai kering, selanjutnya baru dipipil dengan mesin pemipil atau dengan tangan . Setelah jagung terpipil dijemur kembali agar benar-benar kering.ujarnya.

(Sumber : Penrem 022/PT & Infomedan.net)

banner 728x90

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below