118 KALI DIBACA

Pangdam I/BB Hadiri acara Ulang Tahun Dharma Pertiwi tahun 2019 yang Ke -55 Tahun

Pangdam I/BB Hadiri acara Ulang Tahun Dharma Pertiwi tahun 2019 yang Ke -55 Tahun

Infomedan.net~ Medan –Dalam sejarah organisasi dan eksistensinya, Dharma Pertiwi punya nilai-nilai kejuangan yang sama dengan TNI. Karena itu pula, keberadaan Dharma Pertiwi dinilai sangat membantu, meringankan dan melancarkan tugas-tugas TNI.

Demikian dikatakan Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dalam acara perayaan HUT ke-55 Dharma Pertiwi tahun 2019 yang diperingati segenap pengurus Dharma Pertiwi Daerah “A” di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (2/5/2019).

Dijelaskan Pangdam I/BB, untuk melihat sejarah berdirinya Dharma Pertiwi, terkandung nilai-nilai kejuangan yang sama dengan TNI.Yakni, di masa awal berdirinya, anggota Dharma Pertiwi telah ikut merasakan susahnya ditinggal suami yang bertugas.

Mungkin ada yang sampai celaka, atau bahkan sampai tidak pulang sama sekali. Namun, para istri tetap kompak karena perasaan senasib dan sepenanggungan,” ucap Pangdam I/BB.

Hal-hal semacam ini, lanjut Pangdam I/BB, merupakan tantang tersendiri bagi Dharma Pertiwi di awal masa berdirinya.
“Tantangan kekinian bagi Dharma Pertiwi adalah ikut mensejahterakan keluarga prajurit. Baik melalui pendidikan anak-anak, kesehatan dan lainnya yang pada dasarnya, semua itu untuk mendukung tugas suami sebagai prajurit TNI,” urai Pangdam I/BB.

Karenanya, diperingatan HUT ke-55 Dharma Pertiwi tahun 2019 ini, Pangdam I/BB sebagai Pembina Dharma Pertiwi Daerah “A” merasa senang dan memberikan dukungan serta apresiasinya kepada segenap pengurus Dharma Pertiwi di manapun berada.
“Saya kira semua prajurit pastilah ikut senang dan mendukung atas keberadaan Dharma Pertiwi. Karena organisasi ini sejatinya telah sangat membantu, meringankan dan melancarkan tugas-tugas TNI yang diemban oleh para suaminya,” pungkas Pangdam I/BB.

Sebelumnya pun, Ketua Dharma Pertiwi Daerah “A”, Ny Trisasanti MS Fadhilah membacakan amanat tertulis Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny Nanny Hadi Tjahjanto menjelaskan, hikmah dari peringatan HUT ini adalah, seluruh pengurus dan anggota diharapkan terus membina kekompakkan dan kebulatan tekad dalam upaya menghadirkan organisasi yang lebih maju, lebih modern dan mampu mensejahterakan keluarga prajurit.Upaya ini, lanjut Ny Trisasanti MS Fadhilah, sejalan dengan tema HUT kali ini, yaitu “Dharma Pertiwi Berperan Aktif dalam Mencerdaskan dan Mensejahterakan Keluarga TNI serta Peduli terhadap Kesehatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup”.

Tema ini sengaja dipilih untuk menghadapi situasi kondisi saat ini, yang di dalamnya mengandung dua pokok pikiran. Yakni, tentang peran aktif dalam mencerdaskan keluarga prajurit, dan tentang peduli terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup.

“Tema HUT ini mencerminkan kebulatan tekad segenap keluarga besar Dharma Pertiwi untuk senantiasa sekuat tenaga dan daya membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang dilakukan secara ikhlas melalui berbagai bidang kegiatan, baik ekonomi, sosial, budaya, maupun upaya untuk kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas keluarga prajurit TNI,” urainya.

Di samping itu, Ny Trisasanti MS Fadhilah juga menilai perlu bagi segenap anggota Dharma Pertiwi untuk ikut berperan aktif dalam pelestarian lingkungan hidup. Karena pada dasarnya, pelestarian lingkungan hidup adalah suatu kewajiban, di mana manusia sangat bergantung pada alam sekitar.

Keluarga Besar Dharma Pertiwi juga diminta mendukung terwujudnya profesionalisme TNI untuk rakyat, dengan senantiasa melaksanakan pembinaan keluarga yang harmonis, agamais dan berakhlak mulia sebagai landasan ketahanan keluarga dalam menghadapi pengaruh negatif yang dapat merusak kehidupan kita, dalam keluarga, dalam berorganisasi, maupun dalam bermasyarakat,” pungkas Ny Trisasanti MS Fadhilah.

Perayaan HUT ke-55 Dharma Pertiwi yang digelar pengurus Dharma Pertiwi Daerah “A”, diawali laporan Ketua Panitia Acara, Ny Sidharta Wisnu Graha berupa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan.

Yakni mulai dari pencanangan gerakan gemar menabung, bakti sosial di perkampungan nelayan Belawan, penanaman mangrove di Kabupaten Langkat, gerakan menjadi sampah bernilai emas, lomba dasa wisma dan pemanfaatan lahan tidur, donor darah dan anjangsana di Rumkit Tk II Putri Hijau Medan, ziarah ke TMP Bukit Barisan, serta puncak acara pada hari ini, Kamis 2 Mei 2019.

Pada puncak acara peringatan HUT ke-55 Dharma Pertiwi ini, digelar aneka kegiatan. Salah satunya lomba memasak dalam rangka memeringati Hari Kartini ke-140 Tahun 2019. Lomba diikuti enam kelompok peserta. Yakni, Persit KCK PD I/BB, Wan TNI (Kowad dan Kowal), Dharma Pertiwi Daerah “A” (unsur Jala dan PIA, Wan TNI (Wara dan Polwan), Dharma Pertiwi Daerah “A” (unsur Persit dan IKKT), serta Persit KCK (yayasan).

Turut hadir di acara, di antaranya para pembina unsur Dharma Pertiwi Daerah “A”, terdiri dari Danlantamal I, Pangkosek Hanudnas III, serta Danlanud Soewondo. Kemudian, Kasdam I/BB, para Danrem dan PJU jajaran Kodam I/BB, Wakil Ketua dan pengurus Dharma Pertiwi Daerah “A”, Wakil Ketua Persit KCK PD I/BB, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 15/DI Lanud Soewondo, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 04 Kosekhanudnas III, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Mahmil Medan dan para ketua unsur organisasi anggota Dharma Pertiwi Daerah “A”.

(Sumber :Pendam I/BB & zani Ginting)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below