164 KALI DIBACA

Masuk Tahun ke 2, Proyek ADD Tak Berfungsi

Masuk Tahun ke 2, Proyek ADD Tak Berfungsi

HUMBAHAS | MU – Dari tahun 2017 selesai dikerjakan, bak penampungan air tak bisa dimanfaatkan warga Desa Sigulok Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Salahseorang warga kepada GOBERNEWS mengatakan, pembangunan bak penampungan air yang diketahui menguras anggaran hingga Rp50 juta, tidak berfungsi dikarenakan terjadi penyimpangan dari perencanaan hingga proses pembangunan dilaksanakan.

“Inilah hasil dana Desa Sigulok. Proyek gagal. Tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Bak air tidak berfungsi, tak berisi air,” keluh warga minta identitasnya tidak disebut.

Tidak hanya bak penampungan air. Anggaran Dana Desa tahun 2017 yang dianggap hasil kerja asal jadi, juga terlihat pada pembangunan jalan desa. Di mana, perkerasan permukaan jalan yang diharapkan bisa menjadi akases transportasi mudah bagi warga, justru tak terbukti. Baru saja selesai dibangun, bebatuan pada perkerasan permukaan bahu jalan, habis terkikis air hujan. 

“Perkerasan jalan jika  hujan, batu kecil dan batu besar berserakan dan mudah terbawa air sehingga tidak berfungsi dengan baik,”  ucapnya. 

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sigulok, Sabar Purba, dihubungi Selasa (8/01/2018) kemarin, terkesan ‘buang badan’ jika proyek itu kesalahan pihaknya.

Baik pembangunan bak penampungan air serta perkerasan jalan kata Sabar, merupakan hasil survey teknisi kecamatan.

“Lokasi dan RAB (Rancangan Anggaran Biaya) pembangunan bak tersebut telah disurvey oleh teknisi dari kecamatan dan teknisilah yang menentukan lokasinya. Setelah dibangun ternyata air tidak sanggup naik ke bak penampungan,” kata Sabar.

Disinggung soal perkerasan jalan yang tidak memakai walas dan terkesan asal jadi, Kades Sigulok mengatakan bahwa itu tidak betul.  “Tidam betul itu, kita buat kok walas ke situ, tapi pakai walas TPL (Toba Pulp Lestari) dan tetap kira bayarkan,” ucapnya. 

Lain halnya dengan yang dikatakan tenaga teknis Kecamatan Sijamapolang bermarga Sianturi. Secara teknis pembangunan bak penampungan air di Desa Sigulok tidak berfungsi diakibatkan bencana alam. 

“Bak tersebut tidak berfungsi karena bencana alam pak, dan untuk tahun ini sudah dianggarkan untuk perbaikannya,” tutupnya ringkas. (Gam)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below