226 KALI DIBACA

Dibantah! Keterangan PPK Proyek Septic Tank Komunal Kelurahaan Simalungun 

Dibantah! Keterangan PPK Proyek Septic Tank Komunal Kelurahaan Simalungun 

SIANTAR I GN – Bangkai proyek Septic Tank komunal yang terkubur di Kelurahan Simalungun Kecamatan Siantar Selatan sejak tahun 2014, makin membingungkan.

M Tarigan selaku PPK Dinas Rukim kepada infomedan.net, membantah ada masalah di dalam proses pengerjaan proyek tersebut. Memang diakui Tarigan, proyek tersebut mengalami kendala hingga terpaksa harus dihentikan dengan pemubaziran anggaran sebesar Rp110 juta.

“Anggaran biaya sebesar Rp110 juta ini sudah dipertanggungjawabkan BKM dan KSM. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun tembok, gaji dan yang lainya. Dulu pertanggungjawaban mereka ada foto dokumentasinya pun,” cetus Tarigan, Selasa (9/01/2019) pagi.

Dijelaskan Tarigan, bahwa tahapan pembangunan kemudian dihentikan karena ada situs sejarah di lokasi pembangunan Septic Tank komunal tersebut. Konon, lokasi merupakan tempat permandian putri-putri Raja.

Oleh karena itu, lanjutnya, terhentilah pembangunan Septic Tank komunal yang anggaran awal  mencapai Rp425 juta.

“Atas permintaan warga maka dilanjutkanlah pembangunan tersebut, dengan proposal baru dan BKM serta KSM yang baru. Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp325 juta, ini hibah dari Negara Arab dan ditampung PUPR pusat,” jelasnya.

Keterangan Tarigan sungguh berbanding terbalik dengan keterangan B Damanik selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Simalungun. 

Damanik menjelaskan, tidak ada pembangunan apa-apa di lokasi Komunal saat itu. “Bengong kita.  Tidak terjadi pembangunan mulai dari  pondasi, kok bisa menelan biaya hingga Rp110 juta?” herannya mengemuka.

Anehnya bilang Damanik lagi, pascapenghentian pembangunan, kini dilanjutkan proyek yang sama dan sumber anggaran yang sama di Jalan Vihara kompleks RSUD dr Djasamen Saragih Kota Siantar.

“Kan sudah tak beres lagi pertanggungjawaban keuangan ini. Masak proyek yang lama dijalankan ke tahun 2018. Bagaimana pertanggungjawaban sebelumnya? Proyek IPAL Komunal, satu tahun anggaran tidak bisa 2 atau 3 tahun anggaran,” tutupnya (Manson)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below